***

***

Ads

Senin, 27 Februari 2017

Pendekar Lembah Naga Jilid 062

“Wanita kejam, engkau boleh juga!”

Tiba-tiba terdengar bentakan halus dan si kakek kurus kering, Lo-thian Sin-kai, tokoh tingkat dua dari Hwa-i Kai-pang, telah menerjang dan menyerang Kim Hong Liu-nio dengan tongkatnya. Terdengar suara berdesir-desir dan tongkat yang digerakkan secara istimewa itu telah membentuk lingkaran-lingkaran yang lima buah banyaknya. Itulah Ilmu Tongkat Ngo-lian Pang-hoat yang amat hebat!

Lima lingkaran sinar tongkat itu bergerak-gerak dan dari setiap lingkaran menyambar-nyambar ujung tongkat yang mengeluarkan suara berdesing tanda bahwa tongkat itu yang kelihatan seperti kayu ternyata menyembunyikan benda logam keras di dalamnya dan tenaga yang dipergunakan untuk menggerakkan tongkat itu amat kuatnya!

“Hemm! Kalian benar-benar hendak memusuhi aku? Majulah!” bentak Kim Hong Liu-nio dan menghadapi ilmu tongkat lawan ini, dia sama sekali tidak merasa jerih, bahkan dia gembira sekali.

Kim Hong Liu-nio adalah seorang wanita yang suka sekali akan ilmu silat. Telah banyak dia mengumpulkan dan mempelajari ilmu-ilmu silat dari semua aliran yang ada di dunia persilatan, dan kalau bertemu dengan suatu ilmu baru yang belum dikenalnya, dia merasa gembira sekali dan ingin mengenal serta mempelajarinya.

Maka begitu dia melihat ilmu tongkat dari kakek pengemis kurus kering ini, dia melihat ilmu tongkat yang amat hebat sehingga timbul kegembiraannya dan dia cepat menghadapi ilmu tongkat itu dengan kedua tangan kosong sambil mainkan sabuk merahnya.

Terjadilah kini pertandingan yang amat hebat. Tongkat yang dimainkan oleh Lo-thian Sin-kai memang luar biasa sekali. Ujung tongkat itu nampak menjadi lima buah, seolah-olah kakek kurus itu mainkan lima batang tongkat, dan setiap ujung tongkat membentuk lingkaran-lingkaran yang menyambar-nyambar dengan dahsyatnya.

Sedangkan Kim Hong Liu-nio juga memutar sabuk merahnya sehingga nampak gulungan sinar merah yang amat indah dan kuat menyelimuti dirinya yang menghalau setiap sambaran tongkat. Kadang-kadang wanita perkasa ini menggunakan tangannya untuk menangkis tongkat, karena tangannya telah terlindung oleh sarung tangan mujijat itu, dan kadang-kadang dia membalas dengan serangan kilat, menggunakan ujung sabuknya untuk menotok ke arah jalan darah di tubuh lawan yang berbahaya.

Diam-diam kakek pengemis itu terkejut bukan main. Ketika dia mendengar bahwa tiga orang murid keponakannya, tokoh-tokoh tingkat lima dari Hwa-i Kai-pang dikalahkan oleh seorang wanita cantik yang telah membunuh seorang pengemis she Tio di Huai-lai, dia mengira bahwa wanita itu adalah seorang wanita kang-ouw yang hanya memiliki kepandaian lumayan saja. Akan tetapi ketika tadi dia melihat dua orang pengemis tingkat tiga dikalahkan, dia merasa penasaran. Dan kini dia terkejut setelah memperoleh kenyataan betapa lihainya wanita ini.

Selama lima puluh jurus, nampaknya pengemis tua kurus itu dapat mendesak wanita itu, buktinya, Kim Hong Liu-nio lebih banyak menghindarkan serangan atau menangkis daripada membalas.

Karena mengira bahwa jagoan mereka akan menang, maka para pengemis itu hanya menonton saja, mengharapkan dalam waktu singkat wanita itu akan dirobohkan. Padahal, sesungguhnya tidak demikianlah. Kim Hong Liu-nio memang sengaja membiarkan dirinya diserang dan dia hanya mempertahankan diri karena memang dia ingin memancing keluar semua jurus ilmu tongkat yang menarik hatinya itu.






Biarpun dia tidak mungkin dapat menguasai atau menghafal semua gerakan yang dilihatnya dalam pertandingan itu, namun setidaknya dia dapat mengenal ilmu ini dan dapat mengingat inti-intinya yang penting. Setelah lewat lima puluh jurus, dia merasa cukup menonton ilmu tongkat orang, maka kini dia mengeluarkan lengking panjang yang nyaring sekali, kemudian tubuhnya berkelebat cepat dan terjadilah perubahan hebat dalam pertandingan itu!

“Wiirrrr... plak-pkakk!”

“Ahh...!”

Lo-thian Sin-kai berseru kaget karena hampir saja ubun-ubun kepalanya kena disambar ujung sabuk yang disusul oleh tamparan tangan kilat ke arah ulu hatinya. Untung dia masih sempat mengelak lalu menangkis berkali-kali. Dia dapat selamat dari ancaman maut akan tetapi dia terhuyung ke belakang dan pada saat itu Kim Hong Liu-nio menerjang maju dan menghujani kakek itu dengan serangan-serangan dahsyat!

Baru sekarang tahulah kakek kurus itu bahwa tadi lawannya belum sungguh-sungguh, dan baru sekarang mengeluarkan serangan-serangannya yang dahsyat sehingga repotlah dia memutar tongkatnya untuk membentuk benteng pertahanan melindungi dirinya dari ancaman maut.

Semua pengemis terkejut melihat perubahan ini. Jagoan mereka terdesak hebat dan mundur terus. Melihat ini, Hek-bin Mo-kai dan Tiat-ciang Sin-kai berteriak keras dan mereka sudah maju membantu jagoan mereka itu dengan memutar tongkat. Gerakan ini diikuti pula oleh semua pengemis yang sudah mengepung Kim Hong Liu-nio dan mulailah terjadi pengeroyokan yang ketat.

Akan tetapi wanita itu tidak menjadi jerih dan sabuk merahnya membentuk gulungan sinar yang lebar dan panjang, bukan hanya untuk menahan semua tongkat yang menyambar dari sekelilingnya, akan tetapi juga untuk membagi-bagi totokan.

Dalam beberapa jurus saja dia sudah merobohkan tiga orang pengemis tingkat lima. Akan tetapi karena dia tidak ingin menanam permusuhan yang hebat dengan perkumpulan pengemis yang besar dan berpengaruh ini, Kim Hong Liu-nio tidak membunuh orang, hanya merobohkan mereka untuk membikin mereka tidak dapat mengeroyoknya lagi dengan totokan-totokan di bagian jalan darah yang tidak mematikan.

Betapapun juga, Kim Hoing Liu-nio mulai terdesak hebat. Para pengeroyoknya terdiri dari orang-orang yang memiliki kepandaian silat tinggi, terutama sekali desakan dari Lo-thian Sin-kai yang dibantu Hek-bin Mo-kai dan Tiat-ciang Sin-kai, amatlah berbahaya baginya sehingga Kim Hong Liu-nio sudah mengambil keputusan untuk kabur dan melarikan diri saja.

Akan tetapi pengemis itu agaknya maklum akan niatnya ini dan pengepungan dilakukan makin rapat, gerakan tongkat-tongkat mereka menutup semua jalan keluar.

Pada saat itu, terdengar derap kaki kuda dari depan dan tak lama kemudian muncullah seorang penunggang kuda. Dia ini seorang laki-laki berusia empat puluh tahun yang perkasa, berpakaian indah, pakaian seorang panglima pengawal Kim-i-wi yang mentereng, dengan bajunya yang disulam benang emas, kepalanya yang memakal topi berhiaskan bulu burung dewata, dengan tanda pangkatnya di dada kiri yang berkilauan.

Melihat wanita cantik itu dikepung oleh para pengemis, panglima itu cepat melompat turun dari pelana kudanya dan sambil mengangkat kedua tangan ke atas dia berteriak-teriak,

“Tahan senjata...! Hentikan perkelahian...! Para tokoh Hwa-i Kai-pang dengarkan dulu penjelasanku!”

Lo-thian Sin-kai menoleh dan ketika mengenal panglima itu adalah Lee Siang, Panglima Kim-i-wi yang gagah dan telah dikenalnya, dia lalu meloncat mundur dan berteriak kepada para temannya untuk menahan senjata.

Kim Hong Liu-nio juga mengenal panglima itu, ialah panglima pengawal yang pertama kali menerimanya di istana, bahkan yang mengawalnya sampai menghadap kaisar. Maka diapun menahan gerakannya dan menyimpan kembali sabuk merahnya, lalu mengusap sedikit peluh di dahinya dengan saputangan dan wajahnya menjadi merah ketika dia bertemu pandang dengan panglima yang gagah perkasa itu.

Sejak pertemuannya yang pertama dengan Panglima Lee Siang ini, dia memang sudah tertarik dan diam-diam dia mengakui bahwa panglima ini merupakan seorang pria gagah yang pertama kali menarik hatinya dan membuatnya merasa kagum.

“LOCIANPWE Lo-thian Sin-kai, harap locianpwe dan para sahabat dari Hwa-i Kai-pang mengetahui bahwa lihiap Kim Hong Liu-nio ini bukanlah seorang musuh, sebaliknya malah, dia adalah seorang pendekar wanita yang telah berjasa, telah menyelamatkan mendiang sri baginda kaisar dan pangeran mahkota.”

Lo-thian Sin-kai tentu saja tidak akan memandang kepada Panglima Lee Siang kalau saja tidak mengingat bahwa pria ini adalah seorang panglima pasukan pengawal Kim-i-wi yang amat kuat! Tentu saja akan merupakan bunuh diri bagi perkumpulan Hwa-i Kai-pang kalau berani menentang seorang panglima Kim-i-wi seperti panglima gagah ini. Maka dia menjura dan berkata dengan suara halus,

“Harap Lee-ciangkun mengetahui bahwa wanita ini telah membunuh seorang diantara anak buah kami sehingga terpaksa kami menuntut balas.”

Lee Siang terkejut. Dia sudah mendengar akan kesetiakawanan para pengemis, dan dia tahu pula bahwa Hwa-i Kai-pang, adalah perkumpulan pengemis yang paling berpengaruh di daerah kota raja dan mempunyai anggauta yang ribuan orang banyaknya. Dia menoleh kepada Kim Hong Liu-nio dengan pandang mata bertanya.

Kim Hong Liu-nio tersenyum kepada panglima yang dikaguminya itu,
“Lee-ciangkun, harap jangan percaya omongan mereka ini. Benar bahwa aku telah membunuh seorang pengemis she Tio di Huai-lai, akan tetapi pengemis itu kukira bukanlah anggauta Hwa-i Kai-pang karena sama sekali tidak memakai pakaian berkembang. Pula, aku membunuh dia sama sekali bukan karena dia pengemis, bukan pula karena dia ada sangkut pautnya dengan Hwa-i Kai-pang atau kai-pang dari manapun juga, melainkan karena urusan pribadi yang tidak ada sangkut pautnya dengan jagoan-jagoan tukang keroyok dari Hwa-i Kai-pang ini.”

Kata-kata itu sekaligus merupakan tamparan kepada tokoh Hwa-i Kai-pang sehingga Lo-thian Sin-kai menjadi merah mukanya. Memang memalukan sekali orang-orang seperti mereka ini terpaksa mengeroyok seorang wanita dibantu oleh belasan orang anak buah mereka lagi!

Lee Siang merasakan ketegangan yang timbul dari sikap kedua fihak, maka untuk melenyapkan ketegangan itu dia tertawa.

“Nah, para locianpwe dan sahabat dari Hwa-i Kai-pang telah mendengar penjelasan lihiap Kim Hong Liu-nio bahwa lihiap tidak sekali-kali memusuhi Hwa-i Kai-pang dan peristiwa ini hanya timbul karena salah sangka belaka. Mengingat bahwa lihiap ini adalah sahabat pangeran mahkota, bahkan telah berjasa besar, maka aku percaya bahwa Hwa-i Kai-pang suka menghabiskan perkara ini dan tidak menimbulkan keributan yang hanya akan mengacaukan keadaan!” jelas bahwa di dalam ucapan itu terkandung ancaman bagi Hwa-i Kai-pang dan panglima itu berdiri tegak penuh wibawa!

Lo-thian Sin-kai menarik napas panjang.
“Biarlah sekali ini kami anggap bahwa Kim Hong tidak bermaksud menghina Hwa-i Kai-pang. Kawan-kawan, hayo kita pergi!” Kakek ini lalu menjura kepada panglima itu.”Lee-ciangkun, maafkan kami dan terima kasih atas peringatanmu.”

Para pengemis itu lalu pergi dari situ meninggalkan Kim Hong Liu-nio yang kini berdiri berhadapan dengan Lee Siang. Sejenak mereka saling berpandangan dan jantung wanita itu berdegup tegang ketika dia melihat jelas betapa sepasang mata dari panglima itu memancarkan sinar penuh kagum kepadanya. Dia sendiri merasa terheran-heran. Bagi dia, sudah biasa melihat sinar mata kaum pria ditujukan kepadanya dengan kagum dan penuh gairah seperti itu, dan biasanya hal ini kadang-kadang mendatangkan rasa muak dan marah di dalam hatinya, akan tetapi entah mengapa dia sendiri tidak mengerti mengapa kini jantungnya girang dan bangga yang aneh menyaksikan betapa sinar mata pria ini begitu penuh kagum ketika memandangnya!

Setelah sinar mata mereka saling bertaut dan melekat untuk beberapa lamanya, Kim Hong Liu-nio merasa betapa mukanya menjadi panas dan ada perasaan jengah dan malu yang aneh, yang membuat dia tersipu dan cepat-cepat menutupi perasaan ini dengan senyum manis.

“Ah, kembali Lee-ciangkun yang telah menyelamatkan aku dari keadaan yang tidak enak,” katanya halus, lalu tanpa disadarinya dia menundukkan mukanya, menahan senyum dan dari bawah menyambar sinar matanya dalam kerlingan tajam!

Inilah ciri-ciri seorang wanita yang tergerak hatinya oleh seorang pria! Malu-malu, hendak mengelak, hendak menyembunyikan perasaan, akan tetapi tanpa disadarinya senyum dan kerling mata yang menyambar itu mengungkapkan isi hati yang sesungguhnya!

“Ciangkun sudah dua kali menolongku, sebaliknya aku tidak pernah melakukan sesuatu untukmu.”

“Dua kali?” Panglima yang merasa senang dan bangga itu pura-pura bertanya.

Kim Hong Liu-nio mengangkat muka. Kembali mereka berpandangan dan wanita itu tersenyum. Sungguh, andaikata Ceng Han Houw pada saat itu melihat keadaan sucinya ini, dia tentu akan merasa heran bukan main. Selamanya dia melihat sucinya ini sebagai seorang wanita yang dingin dan keras, jarang tersenyum dan kalau tersenyum, maka senyumnya itu boleh jadi merupakan tanda maut bagi lawan.

Akan tetapi sekarang, seperti seorang dara remaja yang malu-malu, bersikap memikat, matanya bermain-main dan suaranga halus. Pendeknya, terjadi perubahan yang luar biasa anehnya pada diri wanita ini!

“Ah, Lee-ciangkun memang selalu merendahkan diri dan tidak mengingat akan jasa sendiri, sebaliknya mengangkat jasa orang lain sehingga tadi menyebut-nyebut tentang jasaku. Kalau tidak ada ciangkun, mana mungkin aku dan sute dapat memasuki istana? Dan tadi, kalau tidak ada ciangkun, mana aku dapat membebaskan diri sedemikian mudahnya dari pengeroyokan pengemis liar itu?”

Pendekar Lembah Naga







Tidak ada komentar: